Press Release Album Laskar Pelangi


kompleksitas genre musik dalam soundrack album laskar pelangi

laskar pelangi, sebuah novel best seller karya andrea hirata, menjadi inspirasi lahirnya lagu-lagu baru, lalu dimasukkan dalam kmpilasi album soundtrack musik film laskar pelangi. produser film dan musik mira lesmana yang menggagas ide itu dengan mengumpulkan banyak musisi dengan genre musik berbeda. "laskar pelangi" karya nidji menjadi first single-nya.

baca novelnya, baru nulis lagunya

sejak tahun 1990-an, mira lesmana dikenal sebagai lirikus yang 'sangat baik', tatkala harus berkolaborasi dengan saudaranya, indra lesmana. tetapi belakangan ia malah mendorong musisi lain untuk melakukan eksplorasi musikal. "saya penggemar nidji, tapi juga menyukai musik punk-nya netral atau karya-karya orisinil dari anak-anak muda yang eksploratif seperti gugun. meng 'float', vokal dahsyat ipang dan band yang saya bentuk dalam cerita film, garasi. untuk memperkaya isi album soundtracknya, ada baiknya mengajak beberapa musisi yang sangat berkarakter seperti sherina dan gita gutawa. maka jadilah album soundtrack laskar pelangi, mendampingi peredaran filnya, 25 september nanti", cerita mira lesmana.

syarat utama agar bisa masuk dalam komunitas rekaman lagu yang terinspirasi dari novel laskar pelangi adalah harus baca novelnya dulu. "sebelum mbak mira ngajak kerjasama nulis theme song laskar pelangi, saya lebih dulu baca novelnya yang dikasih mama saya", cerita giring, vikalis nidji, "ceritanya dahsyat. dalam perjalan tour luar kota jakarta, pagi-pagi buta sayabilang ke temen-temen nidji, jika ada orang yang nawarin bikin theme song laskar pelangi, tawaran itu kita ambil. gue udah ngebayangin kayak apa lirik dan melodi lagunya, tetap ada warna urban music ala nidji, tapi minimalis, banyak pake gitar akustik", tambah giring. "bedanya dengan lagu-lagu rekaman reguler nidji, kami biasa menggarap musik dengan urban elektrik yang terkesan riang bahkan kadang cenderung nge-rock atau disco. laskar pelangi, kami menggarapnya dalam gaya minimalis, mengawal lirik ciptaan giring", tambah adri, drumer nidji. semua personil nidjisepakat menyebut lagu laskra pelangi menjadi amat indah, tatkala dikasih orkestrasi oleh wong aksan, juga memakai choir (paduan suara) anak-anak, "jadi dalam album soundtrack laskar pelangi ada dua versi lagu laskar pelangi, yang satu pake string orchestra karya wong aksan dan choir anak-anak dan lagu karya nidji", jelas mira lesmana.

album laskar pelangi track list:

1.laskar pelangi by nidji
2.ku bahagia by sherina
3.lintang by netral
4.tak perlu keliling dunia by gita gutawa
5.sahabat kecil by ipang
6.waltz musim pelangi by meng float
7.sahabat by garasi
8.mengejar harapan by gugun & the bluesbug
9.bunga seroja by veris a.k.a, mahar & mara karma


3 comments:

Free Movie said...

Wahh Sip Nehh...
Thanks Ya Sharingnya Boss :D

Anonymous said...

duh, lagu-lagunya bagus, deh! Pengen punya CD originalnya ...

ada, tak?

Anonymous said...

lagunya keren banget..
pas pertama kali denger udah di tengah2 lagu... kaget banget.. loh kok mirip ma lagunya frente yang ordinary people ato ordinary angel ya.. (saya lupa). eh ternyata lagunya nidji...
3 orang temen saya berkomentar sama ketika pertama kali denger lagu itu:)
anyway, lagunya sekeren videoclipnya.
viva nidji!!