Lintang (Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara)


Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada disekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya meninggal.

26 comments:

bintang said...

Lintang..
sungguh luar biasa semangatmu..
dari novel sampai filmnya, aku sangat terharu dan selalu menagis untukmu..
Jika kamu ada di depan mataku, aku akan rela membantumu, sekuat tenaga, sebisaku..
karena aku juga seorang guru..
Semoga ALLAH kan melindungimu selalu..
Amiin

Anonymous said...

2 thumbs up!

keren banget !

Anonymous said...

aku salut sama orang kaya kamu !

kamu sbenernya bisa jadi orang yang lebih dari metematikawan !

semangad!

Tri Ubaya said...



4 thums up..

pake kaki juga deh....

tapi masih kurang kayaknya....

ane pinjem jempol lagi donk..
keren bgt!




http://triubaya.blogspot.com

salma said...

q kagum bgt ma kmu. Seandainya aja kmu bisa meneruskan sekolah, mungkin kmu bisa menjadi matematikawan yang terkenal saat ini.

Kamu genius bgt.....

linda doank said...

Lintang.......tiap ingat nama kamu, aq selalu menangis....terharu biru liat perjuanganmu, sungguh...SUBHANALLAH...Maha Kuasa Allah tlah menurunkan makhluk sejenius kamu, semoga Allah memberikan rahmat dan kasih sayangNya padamu.....keep spirit.........
percayalah ...mimpi2mu suatu saat akan tercapai, GOOD LUCK to LINTANG SANG JENIUS

Francisca said...

Film terbaik setelah sekian taun di isi oleh film kurang bermutu. Romance, sex comedy tidak pernah membuat saya ke bioskop untuk nonton - ini yang pertama saya nonton di bioskop dgn keluarga. Luar biasa, terlepas dari cerita dan film yang bagus, Lintang dan Lintang Lintang yang lain harus di bantu. Daripada anak2 kaya (apalagi anak pejabat hasik korupt) yang sekolah ke luar negri - lulus belum tentu - foya2 iya, Lintang adalah sosok yang bisa buat saya (keluarga saya) menangis terharu dan menyadarkan kami bahwa kami kurang banyak punya anak asuh

tumbs up

Francisca said...

Film terbaik setelah sekian taun di isi oleh film kurang bermutu. Romance, sex comedy tidak pernah membuat saya ke bioskop untuk nonton - ini yang pertama saya nonton di bioskop dgn keluarga. Luar biasa, terlepas dari cerita dan film yang bagus, Lintang dan Lintang Lintang yang lain harus di bantu. Daripada anak2 kaya (apalagi anak pejabat hasik korupt) yang sekolah ke luar negri - lulus belum tentu - foya2 iya, Lintang adalah sosok yang bisa buat saya (keluarga saya) menangis terharu dan menyadarkan kami bahwa kami kurang banyak punya anak asuh

tumbs up

francisca said...

Film terbaik setelah sekian taun di isi oleh film kurang bermutu. Romance, sex comedy tidak pernah membuat saya ke bioskop untuk nonton - ini yang pertama saya nonton di bioskop dgn keluarga. Luar biasa, terlepas dari cerita dan film yang bagus, Lintang dan Lintang Lintang yang lain harus di bantu. Daripada anak2 kaya (apalagi anak pejabat hasik korupt) yang sekolah ke luar negri - lulus belum tentu - foya2 iya, Lintang adalah sosok yang bisa buat saya (keluarga saya) menangis terharu dan menyadarkan kami bahwa kami kurang banyak punya anak asuh

tumbs up

Keluarga Baron said...

Benar kata Ikal, "Lintang lebih berhak untuk pulang pergi ke luar negeri karena kapasitas keilmuannya di banding mereka yang mengejar gelar hanya utk keperluan dirinya sendiri"....
SubhanaLLAH. Bangsa Indonesia & dunia mengalami kerugian besar karena tidak memberi kesempatan pada Lintang untuk melanjutkan pendidikan.
SubhanaLLAH....

Melawan-Arus said...

Sebenarnya Lintang saat ini masih apa ga orangnya?...Kok di Kick Andy ga di wawancarai...Andrea Hirrata juga pernah menyebutkan keberadaan Lintang sekarang ini?...Kenapa ya?

Melawan-Arus said...

ada yang salah dengan pertanyaan saya tadi...maaf!


saya ulangi:


Sebenarnya Lintang saat ini masih ADA apa ga orangnya?...Kok di Kick Andy ga di wawancarai...Andrea Hirrata juga TIDAK pernah menyebutkan keberadaan Lintang sekarang ini?...Kenapa ya?

CINDELARAS said...

Duh, jadi pengen doa buat Lintang asli. Smoga mulai detik ini, hari ini, hidup Bang Lintang lebih baik selama-lamanya.
Amin.

panggeuing said...

Lintang...
Itu tokoh paling favoritku di Laskar Pelangi...Eh,dia masih ada,kan?
Coba aja waktu bisa diputar,trus aku ada disana,aku pingin bgt ngebantu Lintang biar tetap sekolah...Kan sayang,orang sejenius dia ga bisa nerusin sekolah...Kalau aja dia nerusin sekolahnya,pasti sekarang dia udah jadi presiden yg terkenal di seluruh dunia,bangsa kita jadinya bangga...

Ilham Ilahi said...

Lintang..
Gila banget ya...
Melihat kisah lintang ini,,akujadi ingat diriku sendiri...
Maha besar Allah yang melimpahkan Rahmatnya buat aku sehingga aku bisa menjdi seperti saat ini..
Dan Maha Besar Allah atas karunia Orang tua luar biasa yang diberikan untukku..Amiin

aNtiE' said...

selalu ada air mata untuk scene waktu lintang yg terpaksa berhenti sekolah pamit ma temen2na+bu muslimah,,
tampak tak adil memang melihat anak jenius itu tak diberi kesempatan,,tapi satu yg perlu diingat,,Allah slalu memberikan yg terbaik untuk umat-Nya,,bgitu juga untuk Lintang,,amin :)

silviali said...

Subhanallah Lintang sungguh indah namamu,luar biasa genius mu,aku sampai terharu dengan semangatmu.dimanakah dirimu...andai kamu bisa melanjutakan sekolahmu pastilah kamu sudah menjadi bintang cemerlang di negeri ini...Semoga ALlah melindungi mu lintang

silviali said...

Lintang, tak bosan aku membaca kisahmu..tiada kata lagi yang sanggup terucap untuk melukiskan kekagumanku...andai saat itu ada yang membantumu...pasti laskar pelangi akan sempurna....

Anonymous said...

LINTANG..u so cool!!

sorry to say klo aku bilang film ini gk akan ada titik klimaksnya klo gak ada tokoh lintang.
lintanglah yg membuat aku menangis, lintang jg yg membuat aku lebih bersemangat menjalani hidup.
Bravo for u lintang!!

Anonymous said...

lintang...
sungguh luar biasa..!!
rasanya dada ni sesak skali stiap ingat lintang...saya penngen ketemu..
sekarang kegiatan lintang apa?
saya benar2 pengen ke belitong..
sebelum saya ketemu dan ke belitong mungkin saya akan terus menangis stiap kali ingat lintang dan laskar pelangi...
moga Allah bisa pertemukan...
sm slalu dalam rahmat Allah..

Anonymous said...

eh.. semoga apa yang kalian rasakan bukan hanya perasaan sesaat aja (maksudku perasaan sehabis baca novelnya aja yg biasanya hanya bertahan 1-2 minggu dan setelah itu hilang perlahan). kalo sampe detik ini kalian msh kagum n pengen bgt ketemu ma lintang, napa ga diwujudkan? seperti Flo dan teman2nya yg rela mengumpulkan seluruh uang saku mereka hanya untuk bisa bertemu tokoh idola mereka; "Tuk Bayan Tula"
makanya kalo emang kalian benar2 serius ingin mencari dan menemukan seorang Lintang, bareng aku aja soalnya aku juga kagum sama sosok super genius & misterius itu. toh Andrea ngomong sendiri bahwa tokoh Lintang itu bener2 ada dan masih tinggal di belitong. gimana, tertarik? or kita bikin aja "Societeit de Lintang" ^_^ terdengar gila sih tapi, bayangkan bila kita dapat bertemu Lintang...
Gimana, ada yg setuju? kalo ada hubungi aku ya. Thx

denoz said...

Lintang...
tokoh pertama yang paling aku favoritkan sepanjang aku pernah membaca novel.
jujur klo seandainya aku ada disana aku akan semampu mungkin membantu Lintang agar tetap sekolah.
emang benar kata penggemar yang lain klo seandainya Lintang tetap sekolah ahh...ga kebayang deh ntar lintang bakalan dapat gelar apaan pazti bisa nandingin Mr.Albert ....
jujur Tokoh LINTANG (anak-anak Laskar Pelangi lain juga) buat aku jadi makin semangat belajarnya ....
thanks banget ya
I hope aku bisa ketemu Lintang yang asli ...
Tuhan Memberkati..........

Anonymous said...

Salut buat Lintang ..........
semangat yang luar biasa!!!!
gak ada kata yg bisa aku ucapin lagi selain.......Kereeennnn Bgtz!

Anonymous said...

Lintang.....kmu telah membangkitkan semangatku...tuk mendidik anak2 dikampungku....thanks.....semangat...belajarmu...luar biasa..... polo pikirmu...menakjubkan....siapa kau sebenarnya....manusia Genius didikan alam......

Yakinlah kau akan memeluk mimpimu....

Anonymous said...

lintang...
aku ingin bertemu denganmu.. aku ingin memelukmu, aku mengagumimu...
.nama adikku lintang, lemngkapnya Maylita Lintang Cahyani.
semoga kejeniussannya menurun ke dia yah...

sekali lagi , aku ingin bertemu denganmu...
banyak hal yang aku ingin sampaikan kepadamu...
Lintang di manakah kamu ???

Anonymous said...

lintang...
aku ingin bertemu denganmu.. aku ingin memelukmu, aku mengagumimu...
.nama adikku lintang, lemngkapnya Maylita Lintang Cahyani.
semoga kejeniussannya menurun ke dia yah...

sekali lagi , aku ingin bertemu denganmu...
banyak hal yang aku ingin sampaikan kepadamu...
Lintang di manakah kamu ???