Laskar Pelangi Diserbu Penonton


Tayangan perdana Film Laskar Pelangi arahan Riri Riza yang diangkat dari novel best seller karya Andrea Hirata, di jaringan bioskop Blitz Megaplex, Kamis (25/9), langsung diserbu penonton.

Kondisi tersebut terlihat di sejumlah bioskop di Tanah Air. Di Jakarta, bioskop Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, jumlah penonton cukup signifikan. Dari dua layar yang disediakan, tiket nyaris terjual ludes.

Menurut Adit, salah satu petugas karcis, pada pemutaran Jumat pukul 14.00 siang, satu bioskop langsung di-booking oleh salah satu partai untuk acara nonton bareng. Sementara, pada pemutaran sesi sore dan malam hari tiket yang terjual mencapai 399 buah. "Padahal ini baru weekday dengan jumlah penonton yang sekarang biasanya terjadi pada weekend, besok (Jumat) diprediksikan akan membeludak. Biasanya seperti itu," ungkap Adit kepada Kompas Entertainment, Kamis malam.

Antusiasme masyarakat menyaksikan film Laskar Pelangi juga terjadi di Bandung dan Semarang. Berdasarkan laporan kantor berita Antara, sejumlah masyarakat menyambut hangat film tersebut. "Animo masyarakat cukup tinggi, di mana sampai pemutaran ketiga dari empat kali pemutaran untuk hari ini selalu dipenuhi penonton," kata Joko S, Manajer Pemasaran Studio 21, Mall Ciputra Semarang di Semarang, Kamis.

Film ini dibintangi 10 anak asli Belitong yang berperan sebagai anggota Laskar Pelangi dan aktor Cut Mini, Ikranagara, Tora Sudiro, Slamet Raharjo, Mathias Muchus, Rieke Diah Pitaloka, Lukman Sardi, Alex Komang, dan Jajang C Noer.

Seluruh pengambilan gambar dalam film dengan sutradarai Riri Riza dan rumah produksi Miles Production ini dilakukan di Belitung dan menggunakan bahasa Melayu. Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah SD Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak mencapai siswa baru sejumlah sepuluh anak. Dari sinilah cerita bergulir mengisahkan orang-orang yang luar biasa itu.

Akankah Laskar Pelangi ini akan mengalahkan film Ayat-Ayat Cinta yang memecahkan rekor menyedot penonton di atas angka 3 juta itu? Kita lihat saja nanti.

Kompas, 26.09.08

2 comments:

amer said...

kapan lagi laskar pelangi the movie bisa sampe ke malaysia??
para peminat juga lagi menanti ketibaan filem ini yang nyata cukup menyentuh kalangan pembaca novel laskar pelangi...

santury said...

sebagai anak asli belitung(desa mangar) saya bangga miles production membuat film laskar pelangi di desa gantung belitung.mohon film tersebut bisa diputar di lancar tancap desa kami,karena di desa kami tidak punya gedung bioskop,tks