Alex Komang: Riri Bukan Pembuat Tempe Bongkrek


Di mata aktor senior Alex Komang, sutradara Riri Riza merupakan sosok sineas yang baik. Reputasi Riri melalui karya-karya yang sudah dibuatnya di blantika film nasional diakuinya menjadi faktor nomor satu untuk menerima tawaran bermain sebagai nelayan di Belitong dalam film Laskar Pelangi. Hal tersebut dipaparkannya beberapa waktu silam di Jakarta.

”Kalau kita mengenali seseorang, apa yang dia buat pasti ngga jauh dari apa yang kita kenali selama ini dari dia. Kalau dia bikin tempe, pasti tempe yang baik. Bukan tempe bongkrek yang akan membuat kita keracunan. Pasti itu...,” demikian deskripsi peraih Citra FFI 1985 ini terhadap sang sineas.

Sejak menonton Petualangan Sherina Alex sudah bisa memandang bahwa Riri, serta Mira Lesmana sang produser, memiliki potensi yang kuat di layar lebar. ”Ini sebuah gerakan anak muda yang akan mengambil tempat di khazanah perfilman. Akan terkenang bahwa tahun-tahun inilah kelahiran film-film Indonesia setelah era ada Slamet, Teguh, Usmar dalam sejarah. Saya punya keyakinan begitu.”

Diakuinya, Riri berbeda ketimbang sineas mainstream yang cenderung menganggap film sekadar komoditas. ”Nah, sementara kelompok-kelompok orang seperti Riri dkk, ini yang memang minoritas, tampil dengan sikap dan semangat yang berbeda.”

Aktor yang ditemukan Teguh Karya ini melanjutkan,”Kita lihat jalan pikirannya, pilihan-pilihan hidupnya, ngomongnya selama ini. Bagaimana selama ini mereka mendorong karyanya sampai ke penontonnya kaya apa.” Hal-hal macam itulah yang membuat Alex menaruh rasa hormat yang dalam dan kepercayaan kepada Riri.

Lantaran sebab-sebab itulah, undangan tampil berakting dalam film yang akan dibuat Riri-Mira membuat Alex senang. Seperti apa rasanya saat dipanggil casting? ”Saya menuju ke kantornya dengan sukacita. Kemacetan itu tidak seperti macet. Begitulah. Karena selama ini saya mengagumi sosok-sosok muda ini yang penuh komitmen,” tukas Alex lagi seraya berjanji untuk memberikan yang terbaik dari yang ia miliki.

0 comments: